Kamis, 22 Maret 2012

Perang Api sebelum Nyepi



http://putrapande.wordpress.com/2010/03/15/perang-api/
       Tradisi sudah melekat erat dengan budaya kita. Contohnya, Tradisi Perang Api yang dilakukan umat hindu dalam merayakan Tapa Brata Nyepi. Tradisi ini cukup sering dilakukan oleh masyarakat khususnya daerah Mataram. Perang Api ini merupakan ritual yang dilakukan sebagai simbol pembakaran nafsu angkara murka sebelum memasuki Nyepi.
          Umat Hindu di Mataram, Nusa Tenggara Barat ,hari Jumat i(23/3) melakukan perang api yang diikuti oleh sejumlah pemuda dari dua desa atau banjar , dengan cara para kelompok pemuda saling mengejar dan memukulkan bara api yang terbuat dari daun kelapa. Sorak sorai semangat dari warga menambah semangat peserta untuk saling memukulkan bara yang mereka bawa.
       Ritual perang api yang dilakukan itu merupakan tradisi umat Hindu di Mataram yang dilakukan sejak 1838. Perang api yang dilakukan sebagai simbol pembakaran hawa nafsu buruk seupaya menjadi suci sebelum Nyepi. Ritual ini dilaksanakan tepat di Jalan Selaparang, Cakranegara, yang merupakan lokasi peperangan antara Kerajaan Singosari dan Kerajaan Karang Asem.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
Buat hari-hari terasa menyenangkan dan menghadapi maslah dengan kesabaran. Tetap semangat dan tersenyumlah untuk hari ini dan esok-esok hari.

Main Menu

Pages